Hot News Tempo

Published on August 6th, 2015 | by Naughty Accessories

0

6 Agustus, Peringatan 70 Tahun Bom Hiroshima, Jepang.

Hari ini Jepang menandai 70 tahun peringatan bom atom Hiroshima dengan sebuah upacara peringatan, dimana pejabat paling senior dari Washington dijadwalkan hadir. Acara ini diselenggarakan di Hiroshima’s memorial park.

“Hari ini Hiroshima telah hidup kembali dan telah menjadi kota yang berbudaya dan makmur. 70 Tahun berlalu, saya ingin menegaskan kembali perlunya perdamaian dunia,” kata PM Abe seperti dikutip dari BBC, Kamis (6/8/2015).

Dilansir dari liputan6, dalam pidatonya, Abe juga menyerukan pelucutan senjata nuklir di dunia. Dia mengatakan bom atom tidak hanya membunuh ribuan orang di Hiroshima, tapi juga menyebabkan penderitaan luar biasa terhadap para korban selamat.

Upacara dimulai di Hiroshima pada Rabu 5 Agustus waktu setempat, dengan prosesi doa dari para biksu Buddha dan warga setempat. Lalu ada aksi ‘pura-pura mati’ oleh anak-anak di depan Atomic Bomb Dome — salah satu dari beberapa bangunan yang tersisa pascaledakan bom atom di Hiroshima.

Selain itu, PM Abe dan Walikota Hiroshima Kazumi Matusi serta Duta Besar AS untuk Jepang Caroline Kennedy bergabung dalam upacara mengenang para korban yang diselenggarakan pada Kamis ini. Dalam acara itu juga dilakukan pelepasan merpati dan deklarasi damai.

Saat bel berdenting dalam peringatan hari Kamis ini, ribuan orang yang hadir menundukkan kepala dan berdoa.

Bom atom meledak di Hiroshima pada 6 Agustus 1045, sekitar 70 ribu orang menjadi korban, ribuan lainnya mengalami luka-luka akibat radiasi dalam hitungan hari, minggu, dan berbulan-bulan usai kejadian.

Bom atom di Hiroshima dijatuhkan pesawat pengebom B-29 milik Amerika Serikat yang dinamai Enola Gay, sekitar pukul 08.10, 6 Agustus 1945.

Setelah bom atom meledak di Hiroshima, AS kembali melepas bom atom serupa di Kota Nagasaki tiga hari kemudian. Dua kejadian itu tercatat sebagai salah satu faktor yang mengakhiri Perang Dunia II.  Dalam insiden ini, diklaim menewaskan 140 ribu nyawa.

Wah, semoga tidak ada lagi perang di dunia ini ya Naughtiers. Let’s pray for world peace :)

Share Button
Share Button

Tags: , , , ,




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑
  • Categories


  • Naughty Accessories Instagram

  • Subscribe Now



  • See Latest News

  • Naughty Video