Tips & Trick shutterstock_160640804.0edit

Published on August 26th, 2015 | by Naughty Accessories

0

Ini Dia 6 Cara Agar Nggak Ngantuk Setelah Makan Siang!

Ini Dia 6 Cara Agar Nggak Ngantuk Setelah Makan Siang!

Mengantuk setelah jam makan siang sudah jadi masalah klise yang mungkin kita alami sehari-hari ya. Sebenarnya, hal ini sangat alamiah karena kaitannya dengan ritme sirkadian atau jam biologis tubuh kita. Sekitar jam 2 siang hingga 4 sore, kita akan mulai merasa lemas, suhu tubuh turun, dan mengalami penurunan kemampuan fokus dan konsentrasi. Akibatnya, konsentrasi pun mulai menurun saat menjelang sore hari.

Namun, meskipun hal ini sifatnya alami, Miss Pink punya cara-cara sederhana untuk menangkal lemas dan kantuk setelah jam makan siangmu, dilansir dari berbagai sumber. Langsung simak, yuk!

  1. Pintar-Pintarlah Memilih Makanan Saat Makan Siang

Makanan dengan kadar gula dan karbohidrat yang tinggi memang memberimu suplai tenaga. Namun, makanan jenis ini sekaligus akan membuatmu mudah mengantuk setelahnya. Sebaiknya, konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, tinggi protein, dan lemak sehat. Selain memberi pasokan energi, makanan jenis ini akan menjaga tubuh tetap bugar dengan mengontrol kadar glukosa dalam darah.

Asupan protein dapat diperoleh dari konsumsi telur rebus, daging sapi, keju, dan makanan laut. Bisa juga menambahkan dark chocolate dan buah-buahan seperti apel atau jeruk dalam menu makan siangmu. Coklat dan buah-buahan punya kaya kandungan flavonoid yang berfungsi menangkal radikal bebas. Selain konsumsi air putih untuk mencegah dehidrasi, tambahkan pula teh hijau atau teh hitam yang banyak mengandung senyawa energi – termasuk kafein.

  1. Wajib Sarapan Sehat

Selain menu makan siang yang harus diperhatikan, setiap harinya kamu pun wajib menyantap sarapan sehat. Menu sarapan yang cukup karbohidrat dan protein akan mendukung aktivitasmu selama sehari penuh. Sehingga, kamu tak perlu makan siang secara berlebihan yang justru mengakibatkan rasa kantuk tak tertahan.

3.    Tidur Siang Selama 10-20 Menit

Bagaimanapun, tidur siang adalah cara paling ampuh untuk mengembalikan energi yang drop setelah makan siang. Asalkan dilakukan dengan cara yang benar, tidur siang bisa mengusir kantuk dan rasa lemas dan menggantinya dengan suplai energi baru. Cukupkan tidur siangmu selama 10-20 menit saja. Jangan terlalu lama karena tubuhmu justru akan semakin lemas dan mengantuk saat bangun.

Jika jam istirahatmu memang luang, sejenak  sandarkan kepala di bangku atau meja. Jangan lupa memasang alarm agar bangun tepat waktu. Setelah bangun, segeralah minum air putih dan lakukan sedikit peregangan untuk mengembalikan energimu ke level semula. Setelahnya, kamu pun siap kembali menuntaskan tugas-tugasmu hingga tiba jam pulang sekolah.

   4.    Siapkan Baju Hangat Saat Diruangan AC

Suhu jadi salah satu bagian penting dalam pola sirkadian tubuh yang menjadikanmu seperti kehilangan tenaga setelah makan siang. Cara sederhana untuk mengatasinya adalah dengan menyiapkan baju hangat, jaket atau sweater.

Yup, setelah menyelesaikan makan siang dan kembali ke kelas dengan suhu ruangan yang rendah akan membuatmu lebih mudah mengantuk. Maka, segera kenakan baju hangat agar suhu tubuh tetap stabil dan rasa lemas atau kantukmu perlahan hilang.

5.    Pilih Meja di Dekat Jendela Yang Cukup Cahaya

Cahaya juga tak kalah berperan dalam ritme sirkadian tubuhmu. Semakin banyak terpapar sinar matahari saat siang dan sore hari menjadikan tubuh tak rentan diserang kantuk. Selain itu, jadwal tidurmu di malam hari pun cenderung normal.

Yang pasti, hindari ruang yang jauh dari sinar matahari atau menggunakan cahaya lampu yang redup. Tempat-tempat seperti ini jelas akan membuatmu mudah dilanda kantuk.

6.    Atur Kebiasaan Tidurmu di Malam Hari dengan Baik

Ternyata, aktivitasmu di malam hari akan sangat berpengaruh pada kinerjamu di siang hari. Apakah kamu sudah menjalani waktu istirahat malam yang berkualitas? Selain waktu tidur yang cukup (7-8 jam), jam tidur dan bangun pun selayaknya harus teratur setiap harinya. Pastikan pula untuk tidak sibuk dengan gadget atau bahkan tugas-tugasmu saat malam hari menjelang waktu tidur. Gunakan waktu istirahat malam sebaik mungkin agar bisa maksimal dalam kegiatan keesok harinya.

Nah, gimana Naughtiers? Masih sering mengantuk setelah jam makan siang? Coba yuk terapin tips-tips di atas agar produktivitasmu tetap maksimal sejak pagi hingga jam pulang sekolah nanti. Tetap semangat, ya!

 

 

Share Button

Tags: , , ,




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑
  • Categories


  • Naughty Accessories Instagram

  • Subscribe Now



  • See Latest News

  • Naughty Video