Health cara-mencegah-kolesterol-naik-setelah-lebaran-tahu-porsi-makan edit

Published on July 21st, 2015 | by Naughty Accessories

0

Jaga Pola Makan Sehat Setelah Lebaran, Yuk Ikuti Tipsnya!

Opor, ketupat, gulai daging, aneka es, jajanan, dan kue serba manis sudah pasti jadi tradisi pelengkap nuansa lebaran dan pastinya dijamin membuat kita tergoda kan, Naughtiers?

Mencicipi makanan enak, setelah sebulan lamanya berpuasa apalagi makan ramai-ramai bareng keluarga kadang membuat kita seperti ‘mengamuk’ dan lupa akan diet yang tengah kita jalani ya! Untuk menghindari ‘aksi balas dendam’ ini ada baiknya Kamu harus pintar-pintar mengatur pola makan Kamu sendiri, jangan asal menyantap apa yang disajikan di meja makan. Namun, bukan berarti tidak ada cara untuk mengembalikan kondisi tubuh ke keadaan semula.

Kembali mengkonsumsi makanan dengan menu seimbang adalah langkah yang harus dilakukan agar tubuh kembali ke kondisi awal, dan cara paling efektif adalah mengurangi asupan kalori lebih sedikit dari yang dibutuhkan tubuh.

Agar berat badan tak melambung setelah berpuasa, simak tips berikut ini dilansir dari Pramita Lab:

  1. Hindari kuah. Makanlah ketupat dengan opor, gulai atau rendang, jangan dengan kuahnya. Cukup daging dan ampasnya saja. Sebisa mungkin santap daging ayam tanpa kulit atau daging tanpa gajih/ lemak.
  2. Pilih makanan yang tidak digoreng. Ganti makanan yang biasa digoreng dengan dipanggang, di-steam, dikukus, direbus, atau dipepes.
  3. Tambahkan menu-menu sehat. Misalnya, sup sayur hijau tanpa santan, pepes ikan, semur, soto, lalapan, asinan Betawi, rujak, atau urap.
  4. Hidangkan buah potong. Lebih baik menyantap buah potong daripada es buah yang memerlukan banyak gula. Namun ingat, buah pun berkalori tinggi. Cukup empat porsi buah per hari, misalnya satu buah apel atau jeruk saja.
  5. Minum air putih. Hindari soft drink, punch, atau sirup. Perbanyak minum air putih setelah menyantap berbagai makanan.
  6. Beras merah. Nasi dari beras merah lebih baik dibanding pada nasi putih karena beras merah lebih tinggi seratnya sehingga lebih mengenyangkan, namun kalorinya tidak setinggi nasi puith. Jika tidak terlalu suka, dapat menyampur nasi beras merah dengan nasi putih.
  7. Makan sering. Makanlah dengan prosi kecil tetapi sering. Jangan makan sekaligus dalam porsi besar. Usahakan makan teratur dengan tiga makanan utama dan tiga kali selingan di antara makan utama.
  8. Olah raga teratur. Minimal 30 menit setiap hari. Tak perlu memilih olah raga yang berat. Jalan cepat atau jalan kaki pun sudah cukup. Yang penting,  dapat membakar kalori yang masuk setiap hari.

Nah itu dia tips agar tetap sehat setelah lebaran, yuk coba sekarang kalau kamu ngga mau dibilang gemuk pas masuk sekolah nanti, hihi. Oh ya jangan lupa niat yang kuat! Jangan tergoda teman atau keluarga yang mengajak makan makanan berkalori tinggi ya! :)

Share Button

Tags: , ,




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑