Education Selamat Hari Pahlawan

Published on November 10th, 2017 | by Naughty Accessories

0

Naughtiers, Siapa Sih Pahlawan Wanita Idolamu?

tangggal 10 November pasti jadi hari yang bersejarah untuk semua orang. Hayoo, Naughtiers pasti tau dong kalau di tanggal ini, kita merayakan hari bersejarah yaitu hari Pahlawan! nah, Miss Pink punya 10 pahlawan wanita yang jadi favorit Miss Pink nih, apakah salah sagtunya idolamu juga, Naughtiers?

1. Laksamana Malahayati

Keumalahayati namanya. Ia seorang Laksamana (Panglima Perang) Kerajaan Aceh. Malahayati merupakan figur yang banyak muncul dalam catatan penulis asing. Malahayati menjadi Panglima Angkatan Perang Kerajaan Aceh pada masa pemerintahan Sultan Al Mukammil (1589-1604). Ia mendapat kepercayaan menjadi orang nomor satu dalam militer dari sultan karena keberhasilannya memimpin pasukan wanita.

2. Hj Rangkayo Rasuna Said

Hj Rangkayo Rasuna Said pernah dipenjara Belanda pada tahun 1932 karena memprotes ketidakadilan Pemerintah Hindia Belanda. Dia juga pernah duduk menjadi anggota DPR-RIS dan Dewan Pertimbangan Agung. Semasa hidupnya, Rangkayo aktif memperjuangkan persamaan hak pria dan wanita.

3. Maria Walanda Maramis

Maria Walanda Maramis bercita-cita memberdayakan kaum ibu, lalu mendirikan organisasi Percintaan Ibu Kepada Anak Turunannya (PIKAT) pada tahun 1917 untuk memperjuangkan pendidikan bagi wanita, khususnya kaum ibu agar dapat meningkatkan kesehatan anak dan kesejahteraan keluarga. Pada tahun 1919, beliau memperjuangkan agar wanita memiliki hak suara di lembaga perwakilan Minahasa Raad.

4. Opu Daeng Risadju

Opu Daeng Risadju melakukan pemberontakan terhadap tentara NICA pada tahun 1946. Dia berhasil ditangkap beberapa bulan kemudian dan mengalami penyiksaan yang menyebabkan beliau menjadi tuli hingga akhir hayatnya.

5. Teungku Fakinah

Selama perang Aceh melawan Belanda pada akhir abad ke-19 banyak sekali muncul pahlawan wanita, salah seorang di antaranya ialah Teungku Fakinah. Tetapi, dia bukan hanya seorang pahlawan perang yang berani, melainkan juga seorang pendidik dan ulama. Sebelum Perang Teungku Fakinah membuka sebuah dayah (pesantren), ketika zaman perang Teungku Fakinah tampil sebagai panglima perang yang disegani musuh.

6. Johanna Masdan

Johanna Masdani adalah seorang pahlawan perintis kemerdekaan Indonesia. Sebagai aktivis pemuda-pemudi menjelang kemerdekaan, Johanna banyak berjumpa dengan tokoh-tokoh lain, seperti Mohammad Yamin, Dr Rusmali, dan Mr Assaat. Dia pun bertemu dengan Masdani, seorang tokoh pergerakan yang kemudian melamarnya untuk dijadikan istri.

7. Siti Mangopoh

Siti Mangopoh adalah seorang pejuang wanita dari Manggopoh, Agam, Sumatera Barat. Pada tahun 1908, Siti melakukan perlawanan terhadap kebijakan ekonomi Belanda melalui pajak uang (belasting) yang disebut dengan Perang Belasting. Peraturan belasting dianggap bertentangan dengan adat Minangkabau.

 

8. Yeni Rosa Damayanti

Yeni Rosa Damayanti adalah seorang aktivis dan pejuang demokrasi dan reformasi Indonesia. Namanya sangat populer di pertengahan tahun 90-an. Kala itu dia adalah seorang gadis cantik yang sangat berani menentang dan mengkritik pemerintahan Soeharto dengan Orde Baru-nya yang masih sangat kuat. Aktivis LSM PIJAR ini sempat dipenjara 6 bulan karena keberaniannya menuntut kepada MPR agar Soeharto diseret ke depan Sidang Istimewa MPR pada tahun 1995.

9. Marsinah

Marsinah adalah seorang aktivis dan buruh pabrik PT Catur Putra Surya (CPS) Porong, Sidoarjo, Jawa Timur yang diculik dan kemudian ditemukan terbunuh pada 8 Mei 1993 setelah menghilang selama tiga hari. Mayatnya ditemukan di hutan di Dusun Jegong Kecamatan Wilangan, Nganjuk, dengan tanda-tanda bekas penyiksaan berat.

 

10. Utami Roesli

Utami Roesli adalah seorang dokter Indonesia. Ia dikenal sebagai seorang aktivis yang gigih memperjuangkan hak-hak bayi untuk mendapatkan air susu ibu (ASI) yang baik. Sebagai seorang aktivis dan pejuang ASI, Utami dengan beberapa orang tokoh lainnya mendirikan lembaga Sentra Laktasi Indonesia (Selasi) dan menjabat sebagai ketuanya.

Share Button
Share Button




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑