Health 3caef7fbd6f60ced_Stressed-Girl.xxxlarge_2x

Published on October 6th, 2015 | by Naughty Accessories

0

Naughtiers, Tubuh Kamu Terlalu Kurus? Hati-Hati Dengan Penyakit Ini!

Naughtiers, selalu kita berfikir dan beranggapan bahwa tubuh yang gemuk lebih rentan terhadap penyakit seperti obesitas, sleep apnea (jeda napas saat tidur), dan tekanan darah tinggi. Padahal orang yang bertubuh kurus juga rentan terhadap beberapa penyakit, lho.

Walaupun tidak sebanyak penyakit yang bisa disebabkan oleh obesitas, namun terlalu kurus juga bisa membuat orang sakit-sakitan. Melansir laman Cheat Sheet, berikut adalah bahaya penyakit yang mengintai orang dengan tubuh terlalu kurus.

  1. Gangguan hati

Tubuh yang terlalu kurus dan memiliki tingkat BMI rendah, yang artinya tinggi badan dan berat badan tidak proporsional, akan membuat tubuh memecah organ hati agar pasokan energi tetap terjaga ketika tidak mempunyai cukup kalori.

Kondisi tubuh yang kecil juga bisa menyebabkan kondisi jantung abnormal, karena jantung memompa darah terlalu cepat atau terlalu lambat. Menurut American Heart Association, detak jantung yang abnormal ini bisa menyebabkan kerusakan otak atau paru-paru.

  1. Tulang lemah

Meskipun osteoporosis dianggap penyakit orang tua, namun BMI yang rendah juga bisa menjadi penyebabkan penyakit ini. Hal ini berarti orang kurus lebih rentan terhadap masalah kepadatan tulang dari pada orang dengan berat badan yang normal.

  1. Risiko penyakit Demensia meningkat

Demensia merupakan istilah untuk menjelaskan penurunan fungsional yang sering disebabkan karena kelainan pada otak, seperti memori jangka pendek, pikiran, kemampuan berbicara, dan kemampuan motorik.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The Lancet Diabetes & Endrocrinology menemukan bahwa individu dengan tubuh terlalu kurus 34 persen lebih berisiko menderita Demensia dibandingkan berat badan yang sehat

  1. Masalah kesuburan

Masalah kesuburan ini sering kali dialami para pria dengan berat badan terlalu kurus. Sebuah penelitian pada tahun 2011 di Denmark, lebih dari 5000 orang mengungkapkan pria dengan BMI rendah lebih berisiko mengalami masalah seksual, termasuk disfungsi ereksi, jika dibandingkan dengan berat badan normal.

  1. Depresi

Sebuah penelitian VU University Amsterdam menemukan bahwa seseorang yang mempunyai badan kurus dan orang yang obesitas sama-sama lebih berisiko mengalami depresi dari pada orang dengan berat badan normal. Bahkan orang dengan BMI rendah, seseorang lebih mungkin untuk menderita gangguan mental.

  1. Anemia

Anemia adalah masalah lain yang bisa muncul pada orang yang tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, terutama zat besi yang merupakan bahan penting untuk menciptakan hemoglobin, bagian dari sel darah merah yang membantu transportasi oksigen ke seluruh tubuh.

Itu dia beberapa jenis penyakit yang bisa mengintai orang yang bertubuh terlalu kurus. Buat kamu yang punya berat badan yang tidak proporsional, kamu bisa rubah pola makan dan olahraga yang cukup ya :)

Share Button

Tags: , , , , , , , ,




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑
  • Categories


  • Naughty Accessories Instagram

  • Subscribe Now



  • See Latest News

  • Naughty Video